Menanti Duet Van Dijk dan Koulibaly di Liverpool

Posted on

Menanti Duet Van Dijk dan Koulibaly di Liverpool – Musim kompetisi Liga Inggris musim 2019-2020 baru saja kembali bergulir usai ditangguhkan karena pandemi Covid-19. Namun rumor bursa transfer pemain mulai santer beredar. Salah satunya Liverpool yang baru saja harus merelakan incarannya digebet oleh Chelsea, Timo Werner. Nah untuk obat kekecewaan mereka, kabarnya skuat asuhan. Jurgen Klopp itu saat ini sedang mengajukan penawaran sebesar 58 juta paun untuk pemain belakang Napoli, Kalidou Koulibaly.

Menanti Duet Van Dijk dan Koulibaly di Liverpool

Menanti Duet Van Dijk dan Koulibaly di Liverpool

Saya menemukan kabar soal ketertarikan The Reds kepada Koulibaly ini saat menscroll linimasa twitter, berbagai media online terkemuka seperti Corriere delo Sportport, BBC dan The Sun memuat gosip tersebut. Lantas apa yang merasuki Liverpool sampai kepincut sama bek keling itu. Ternyata rumor ketertarikan Liverpool ini dipicu oleh rencana mereka yang ingin menduetkan Koulibaly dengan bek tangguh mereka Virgil Van Dijk.

Skuat Liverpool dalam beberapa musim terakhir, boleh dibilang, adalah skuat yang luar biasa dengan kehadiran Koulibaly, Liverpool akan jadi tim yang makin menakutkan. Tapi sayangnya presiden Napoli, Aurelio de Laurentiis menolak tawaran 58 juta poundsterling dari Liverpool. Pihaknya telah mematok pemain internasional Senegal itu dengan harga 90 juta paun atau sekitar Rp 1,55 triliun.

Menurut laporan dari Corriere dello sport bahwa Liverpool adalah salah satu dari beberapa tim di Eropa yang berharap untuk memiliki. Koulibaly dari Napoli pada bursa transfer musim panas ini, tetapi tawaran mereka untuk pemain tersebut jauh dari nilai yang dipatok Napoli. Lalu, kenapa Koulibaly begitu diinginkan klub besar Eropa? Karena dibeberapa musim terakhir ini penampilannya begitu istimewa dan bahkan pada musim 2018/2019 ia dinobatkan sebagai pemain bertahan terbaik Serie A. Tak ayal makin banyak yang menginginkan servisnya. Beberapa klub lain yang tertarik selain Liverpool, adalah Paris Saint-Germain (PSG), Chelsea dan Manchester United. Tapi ketiga klub ini baru hanya sebatas tertarik berbeda dengan Liverpool yang sudah menawarkan harga.

Duet Koulibaly Dan Van Dijk di Liverpool

Tapi ya itu tadi, Napoli masih mencari klub yang mau mengeluarkan duit tidak kurang dari 90 juta paun. Awalnya mereka melontarkan harga 100 juta paun tapi saat ini udah di diskon 10 juta paun, jadi bila sudah ada yang berani dengan harga tersebut maka Koulibaly boleh dibawa pergi.

Kemudian, kenapa Koulibaly namanya ada di list pasar bursa transfer? Ternyata hal ini disinyalir karena Napoli memiliki rencana lain. Mereka rela kehilangan salah satu bek terbaiknya itu demi memaksimalkan para pemain yang menurut mereka sudah bisa diandalkan di posisi tersebut seperti Nikola Maksimovic belum lagi ada Kostas Manolas. Belum lagi, Koulibaly sendiri sebelumnya telah mengadakan pembicaraan dengan Napoli tentang kemungkinan meninggalkan klub serie A itu pada musim panas ini bila ada klub yang lebih besar mendekat.

Seperti yang sudah dijelaskan pada halaman utama, Koulibaly merupakan bek tangguh Napoli. Sejak pertama didaratkan ke kota Naples dari klub asal Belgia KRC Genk lima tahun yang lalu. Dia memang telah memperlihatkan dominasi yang ia miliki di lini belakang. Palang pintu yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 29 itu dinilai bermain apik dan konsisten, baik di level klub maupun negara.

Terbukti, Koulibaly telah mencatatkan 234 penampilan dengan mencetak 10 gol dan lima assist bersama Napoli. Sedangkan bersama tim nasional Senegal, Koulibaly telah menorehkan 33 penampilan sejak debutnya pada September 2015 silam.

Dari catatan tersebut tak salah berbagai kesebelasan top Eropa mulai mengincar jasanya di bursa transfer, sejak setahun terakhir ini. Itulah kenapa Liverpool begitu kesengsrem. Meski mereka saat ini memiliki lini pertahanan yang kuat. Akan tetapi mereka belum puas dengan komposisi yang ada saat ini, Liverpool ingin benar- benar benteng pertahanan mereka menjadi sangat sulit dijebol, terutama setelah hadirnya Virgil Van Dijk.

Liverpool Jadi Tim Yang Kebobotal Gol Paling Kecil

Liverpool pada musim lalu jadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit. Musim ini yang sedang berjalan kembali, mereka berpeluang untuk kembali mencatatkan prestasi tersebut. Namun demikian, masih ada seruan pada Liverpool untuk membeli bek baru.

Saya pun menilai duet ini bakal membuat sisi serangan juga bakal jauh lebih berbahaya. Pasalnya baik Van Dijk dan Koulibaly merupakan tipe bek modern yang mampu bertahan dan membangun serangan sama baiknya. Dengan modal tersebut, bisa saja Liverpool semakin mendominasi baik di Liga Champions maupun di ranah Inggris.

Bahkan untuk memuluskan jalan Koulibaly ke Anfield biar tidak tersesat kaya Timo Werner, kabarnya. Liverpool akan melego dua bek tengah mereka yang saat ini lebih banyak duduk dibangku cadangan, yakni Dejan Lovren dan Joel Matip agar transfer Koulibaly ini terlaksana. Apabila Koulibaly berhasil mereka dapatkan, bukan tidak mungkin jika lini belakang Liverpool akan lebih sulit ditembus di musim depan. Patut ditunggu, apakah Koulibaly pantas menjadi teman duet Van Dijk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *