Pelatih Persik Mengakui Ada Efek Bila Pertandingan Kembali lagi Digelontorkan

Posted on

Joko Susilo membeber gagasannya bila pertandingan musim 2020 kembali lagi digelontorkan walau penyebaran virus Corona di Indonesia belum berkurang. Pelatih Persik Kediri ini menyebutkan jika hal itu memang cukup beresiko.

“Efek tentu semakin tinggi. Ini ialah hal yang kami ketahui,” kata Joko, menjawab pertanyaan Kami.

“Di luar negeri juga kondisinya sama. Namanya efek itu tetap ada. Tidak dapat kita menghilangkan benar-benar,” tambahnya.

Menurut Joko, walau beresiko, ada langkah untuk meminimalkan efek itu. Diantaranya, menurut pelatih berlisensi AFC Pro ini dengan membuat prosedur kesehatan yang ketat serta berdisiplin mematuhinya.

“Prosedur harus dapat digerakkan secara baik oleh seluruh pihak,” papar Joko.

“Contohnya, harus ada kontrol kesehatan buat beberapa pemain. Lalu jika memerlukan karantina ya karantina. Ini beberapa cara yang dapat dilaksanakan untuk meminimalkan efek,” dia memberikan tambahan.

Awalnya, ada saran jika pertandingan Shopee Liga 1 musim 2020 akan diteruskan. Saran ini ada di pertemuan di antara tim-tim peserta Liga 1 musim 2020 dengan PSSI, Rabu (27/05).

Marak diberitakan, bila digelontorkan lagi, pertandingan akan memulai digelar lagi pada medio Juli akan datang. Ini, sesuai tingkatan new normal dari pemerintah.

Saran ini mengundang banyak pro-kontra. Masalahnya sekarang ini, penyebaran virus Corona di Indonesia belum juga berkurang.

Sepak Bola Harus Bersambung

Selanjutnya, Joko akui belum dapat berlaku memberikan dukungan atau menampik pertandingan musim 2020 diteruskan. Tetapi, menurut pelatih berumur 49 tahun itu, apa saja memiliki bentuk, sepak bola tetap harus berjalan.

“Tidak harus pertandingan. Dapat kelak berbentuk kompetisi atau apa,” papar Joko.

“Yang tentu, harus dikenang, apa saja memiliki bentuk kelak harus menyertakan semua kelas sepak bola Indonesia. Karena, tidak cuma satu kelas saja yang terpengaruh oleh situasi ini,” dia menandaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *