Tak Ada Alasan Lagi Phil Foden Siap Untuk Peran Lebih Besar Di Manchester City

Posted on

Tak Ada Alasan Lagi Phil Foden Siap Untuk Peran Lebih Besar Di Manchester City – Pertandingan demi pertandingan, minggu demi minggu. Phil Foden tidak memberi kesempatan bagi Pep Guardiola untuk melihat sosok lain – dia sekarang siap menjadi superstar lokal bagi Manchester City.

Dua gol yang ia cetak dan performa penuh kreativitas membantu timnya menang telak atas Burnley. Yang sejatinya menyimpan harapan untuk menyelinap ke zona Eropa jelang bentrokan Selasa (23/6) dini hari WIB. Kemenangan itu juga membuat perburuan gelar tetap hidup, setidaknya untuk beberapa hari lagi.

Tak Ada Alasan Lagi Phil Foden Siap Untuk Peran Lebih Besar Di Manchester City

Tak Ada Alasan Lagi Phil Foden Siap Untuk Peran Lebih Besar Di Manchester City

Guardiola sejauh ini mencoba untuk menahan jebolan akademi Foden. Dengan memperingatkan bahwa tidak ada tiket mudah untuk masuk ke starting line-up . Pria asal Spanyol itu telah memberi tahu sang pemain bahwa ia harus memperjuangkan tempatnya. Dan itu berarti dia harus bersaing dengan Kevin De Bruyne, David Silva. Ilkay Gundogan dan Bernardo Silva – ia dituntut untuk menyamai kualitas, energi, serta konsistensi mereka.

Manajer City Itu Mendorong Pemain Meningkatkan Kemampuan Dan Merespons

Pada Kamis (18/6) dini hari WIB kemarin, Foden ditinggalkan di bangku cadangan untuk pertandingan pertama ‘Project Restart’ yang dijalani City di Liga Primer. Ketika mereka mencatatkan kemenangan 3-0 atas Arsenal. Meski begitu, sang gelandang masih mampu membuat dampak lewat cameo dengan turut mencetak gol.

Melawan Burnley dia turun sebagai starter , selagi Guardiola melakukan delapan pergantian pemain terhadap line-up yang dia miliki sedangkan manajer tim lawan. Sean Dyche, tidak bisa memenuhi bangku cadangannya karena kombinasi cedera dan masalah kontrak.

Gol itu seperti membuka pintu air untuk City, dengan Foden sebagai pelaku utama. Gol pembukanya di pertandingan semalam adalah puncak kinerja yang bakal memberi kepercayaan lebih kepada Guardiola. Yang kini bisa melupakan niatnya untuk mencari gelandang serang di pasar transfer yang sedang fluktuatif dan tidak dapat diprediksi pada akhir musim. Dengan ia mengetahui punya penerus David Silva yang siap dan menunggu kesempatan.

Kiriman umpan Foden yang bagus ke Sergio Aguero juga menyebabkan pemain internasional. Argentina itu dijatuhkan di kotak penalti untuk membantu City mencetak gol ketiga. Dan yang kedua dari Riyad Mahrez semalam. Setelah jeda, umpan baliknya yang cerdik sanggup membuka pertahanan Burnley. Memungkinkan Bernardo Silva untuk memberi assist kepada David Silva guna mengemas gol keempat City.

Dua Belas Menit Kemudian Foden Memborong Banyak

Begitulah kecerdasan dan pergerakannya, Foden mampu melangkah dengan mulus ke posisi sayap kiri sebelum digantikan oleh Leroy Sane. Setelah penampilan Man-of-the-Match-nya di sektor kanan dalam kemenangan di final Piala Liga atas Aston Villa tiga bulan lalu, jelas dia adalah tipe pemain serbabisa dan juga sangat berbakat.

Foden merasa ‘gatal’ untuk menjadi starter sebelum liga ditangguhkan, dan jeda selama tiga bulan tidak bisa menghalangi niatannya tersebut. Kecintaannya pada sepakbola juga memaksa City untuk turun tangan dan menghentikannya bermain sepakbola. Sepakbola jalanan bersama teman-temannya di kota asalnya di Stockport. Sementara ia juga diingatkan untuk bertanggung jawab ketika dia melanggar pedoman jaga jarak di tengah pandemi virus corona dan tertangkap kamera bermain di pantai Formby di Merseyside.

Foden bisa menjadi pemain muda Inggris yang mendapat manfaat dari gangguan kalender sepakbola dan penundaan Euro 2020. Dia tidak diragukan lagi bakal bermain di pantai sekitar Eropa pada musim panas ini, tetapi dengan kejuaraan kontinental ditunda untuk 12 bulan. Diikuti oleh Piala Dunia setahun kemudian, itu memberinya waktu ekstra untuk masuk ke skuad Inggris.

Southgate telah menunjukkan bahwa dia tidak takut memberi kesempatan kepada pemain muda. Dengan Jadon Sancho dan Callum Hudson-Odoi – yang seperti Foden lahir pada 2000 – sudah ditetapkan sebagai pemain internasional senior. Ada beberapa playmaker berbakat yang bisa dipilih Southgate. Tetapi turnamen internasional adalah untuk masa depan, dan untuk saat ini Foden harus fokus pada apa yang ada di depan.

Dengan prospek turnamen mini Liga Champions di Lisbon yang akan datang pada Agustus. Masih ada waktu bagi Foden untuk membuat dampak lebih besar.

Sekarang tidak ada argumen lagi karena dia sudah siap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *